Kumpulan Cerpen, Novel, Puisi, Komunitas Penulis, Lomba Menulis Cerpen dan Novel

Juwita Hati: Tak Mudah Menggapaimu

HARI senin yang cerah, burung-burung bernyanyi, alam ceria, dan dunia penuh warna. Di sebuah kamar kosan, terlihat Bre sedang asyik berbenah diri memakai kemeja terbaiknya. Tak lupa rambut gondrongnya ia sisir rapi. Walau tetep aja ga bisa kelimis. Langkah pastinya terayun mantap menuju ruang sidang 3 di lantai 3. Hari itu adalah hari penentuan nasib kuliahnya. Apakah ia akan terus bertahan sebagai danyang kampus? Ataukah ia akan segera terbang melejit meninggalkan kamus tercintanya tahun ini?
“Selamat pagi...,” senyum ramah Bre terkembang saat wajahnya menyembul di balik pintu ruang sidang 3. Di sana telah hadir Ibu Carissa, Pak Subroto, dan dua orang teman kuliah Bre.
Ujian lisan segera berlangsung. Berbagai pertanyaan dan soal jawab yang dilontarkan Ibu Carissa berhasil dilibas Bre tanpa mengalami hambatan yang berarti. Beberapa pertanyaan tak sanggup dijawabnya, namun itu dalam presentase kecil dibanding jumlah pertanyaan yang berhasil dijawabnya. Senyum keyakinan Pak Baroto seakan menunjukkan bahwa Bre adalah andalannya dalam hal akademis. Pak Baroto tak meragukan lagi kemampuan berpikir Bre yang cemerlang dan kefantastisan sebongkah berlian yang terkungkung didalam tempurung kepala Bre.
“Baiklah Brian Kusuma Wardhana..dengan ini saya memberikan nilai B untuk ujian kali ini. Selamat ya!!” ucap Ibu Carissa menutup ujian dengan langsung menyampaikan hasil dari ujian Bre.
Bre terlonjak dari tempat duduknya. Hatinya senang bukan kepalang. Tak sadar ia berjoget ala Ayu Ting Ting sambil berulang kali mengucapkan kata sik asik...sik asik...sik asik..sik asik. Pak Subroto dan Ibu Carissa hanya bisa tersenyum heran melihat tingkah laku Bre. Tepuk tangan kedua teman Bre mengiringi setiap liukan tubuh Bre yang masih sik asik berjoget dengan girang. Bre keluar dari ruang sidang sambil tetap tersenyum penuh kemenangan. Tingkah lakunya lucu dan konyol sekali. Ia menirukan gaya kontestan Indonesian Idol yang berhasil lolos seleksi dihadapan juri Ahmad Dhani, Agnes Monica, dan Anang Hermansyah. Tingkah lakunya itu spontan menjadi perhatian teman-temannya yang berada di sekitar lantai 3.
Siang harinya, Bre sedang duduk di samping tangga sambil sibuk ber-WhatsApp ria, yaitu sebuah software messenger besutan Android seperti layaknya melakukan BBM. Bre masih hanyut dalam keasyikannya ketika datang sebuah mobil Avanza putih keluaran terbaru dan parkir tepat di ujung bawah tangga yang sedang 'dihinggapi' Bre. Mau tidak mau Bre menjadi terusik oleh kehadiran mobil itu. Seorang pria turun, umurnya ditaksir Bre sekitar 27-28 tahun.
Dandanannya eksklusif dengan kemeja putih dan celana katun putih gading. Selembar dasi bertengger di lehernya. Saat Bre menatap wajah Si Empunya mobil, Bre terperanjat. Rambut Si Pria ternyata gondrong mirip rambut Bre. Wajahnya juga cukup ganteng meski menurut Bre pasti lebih gantengan dia. Yahh..dimana-mana kecap nomer satu emang. Tubuhnya juga gagah beracun dan tegap bersambung, sebelas-duabelas-lah dengan postur tubuh Bre. Bre menjadi penasaran dengan Si Pria misterius itu. Diikutinya langkah Si Pria yang ternyata tertuju ke arah ruang dekan. Begitu tubuh pria itu menghilang di balik pintu ruang dekan, Bre segera mengintipnya lewat teralis jendela ruang dekan yang sedang terbuka.
“Ohh...selamat datang Pak Pram. Perkenalkan, ini jajaran beberapa dosen yang ada di sini. Sisanya sedang sibuk mengisi mata kuliah di kelas-kelas. Yang paling ujung adalah Pak Indra, kemudian disebelahnya adalah Ibu Sumartiningsih, berikutnya lagi adalah Ibu Kutni, dan yang paling ujung adalah Ibu Carissa!”
“Bapak Ibu dosen yang terhormat, ini adalah Pak Pram. Lengkapnya adalah Pramudya Kelana Putra. Beliau adalah dosen baru di sini sebagai pengganti dari Pak Soeroso yang minggu kemarin telah pensiun. Silahkan berkenalan!” suara Pak Subroto menggema di dalam ruangan dekan.
Bre baru tahu, ternyata pria maskulin perlente itu adalah dosen baru di kampus. Bre mengira-ira bahwa dosen ini pasti bakalan menjadi bintang baru dikalangan mahasiswi dan juga dosenwati. Gaya dan tongkrongannya yang mantap bersahaja itu akan sangat memabukkan kaum hawa. Hanya Bre masih tertegun heran, ternyata masih ada dosen yang berdandan gondrong seperti itu. Gaya dosen baru itu mengingatkan Bre pada figur seorang vokalis grup musik Pas band yang gondrong namun ternyata dia juga seorang dosen seperti Pak Pram.
Bre kembali mengintip aktifitas yang ada di dalam ruangan dekan. Tiba saatnya Pak Pram bersalaman dan berkenalan dengan Ibu Carissa. Tiba-tiba suasana yang awalnya penuh canda tawa dan tegur sapa berubah menjadi hening saat kedua tangan itu bersalaman. Seluruh mata di dalam ruangan itu termasuk Bre memandang kearah Bu Carissa. Semua mata disana seolah menyiratkan sebuah kalimat bahwa kedua dosen muda itu terlihat sangat serasi. Senyum malu-malu Ibu Carissa terurai, namun masih terkalahkan oleh tatapan mata elang Pak Pram—mirip tatapan mata Bre—sehingga membuat ibu jutek itu terlihat salah tingkah. Kedua pipinya memerah. Sepertinya mereka telah jatuh cinta pada pandangan pertama.

***

Malam belum terlalu larut ketika terlihat Bre sedang mengendap-endap disebuah pelataran rumah seseorang mirip detektif Hercule Poirot yang sedang menyelidiki kasus dalam kisah karangan penulis legendaris Agatha Christie
TOK..TOK.TOKKK..CEKLEKK..KRIEETT..
“Selamat malam Bu..”
“Silahkan masuk ganteng! Mari-mari sini, duduk dulu..” Ibu Carissa mempersilahkan Bre duduk di sofa dengan akrab dan ramah.
Mereka berdua mulai mendiskusikan hasil penelitian selama ini. Klarifikasi data yang mereka peroleh. Terlihat serius tapi berkesan santai suasana di ruang tamu itu.
“Bu, boleh saya menanyakan sesuatu?” kata Bre memulai pembicaraan.
“Boleh kok it’s oke. Apa emangnya?”
“Hmm.. Apa yang dimaksud Ibu Carissa mengenai lelaki yang Ibu kenal lewat jejaring sosial itu Pak Pram, dosen baru itu?”
“Bukan dia lah. Ibu juga baru kenal tadi kok masak udah fallin’ in love? Yang bener aja dong, Bre!! Kamu itu polos apa belang-belang, hahaha... Masak langsung nyimpulin kaya gitu?” jawab Ibu Dosen cantik itu seraya terkekeh dan becandain Bre. “Tau ga, besok dia mau ngajak jalan Ibu, kamu ikut ga Brian?” tawar Ibu Carissa sambil terlihat tetap serius meneliti kertas-kertas yang berserakan diatas meja sofa ruang tengah.
“Aaah..yaa..enggak lah Bu, masak saya menganggu orang yang sedang kasmaran. Emang enak jadi obat nyamuk?” sahut Bre bersungut-sungut.
“Hahahaha!!!”
Gelak tawa mereka berdua bergema di ruangan itu. Setelah beberapa saat mereka berkutat dengan kertas-kertas laporan hasil riset, Bre pun berpamitan dan beranjak pergi meninggalkan rumah Ibu Carissa. Tanpa ada sesuatu yang enak-enak (makanan atau camilan enak maksudnya). Semuanya berjalan datar-datar saja.
“Permisi Bu, selamat malam dan selamat beristirahat,” pamit Bre sopan meski matanya ga pernah sopan sama sekali.
“Oke, hati-hati dijalan yaa ganteng..,” jawab Ibu dosen cantik sambil tersenyum dan melambaikan tangan kearah Bre.
Keesokan paginya Bre berangkat ke kampus tercinta dengan wajah riang setelah tadi dia sempet mampir di warung Bik Sumi untuk sarapan. Hebatnya, setelah kenyang makan Bre cuman menggoreskan bollpoint di atas kertas. Tahu kenapa?? Karena itu adalah tanda tangan sebagai perwujudan dan saksi bisu kalo Bre nge-bon alias ngutang. Payaah lu Breee!!! Siulan lagu Don’t Cry-nya G&R terdengar mengalun dari bibir Bre. Ketika sampai di pertigaan jalan kampus yang deket dengan tempat rental komputer, tiba-tiba deruman motor 4-tak yang ber-silencer Yoshimra mendekat kearahnya.
“Woi!!!!” seseorang berteriak kenceng. Plaakk!! Suara pundak tertepuk keras.
“Kampret banget sih luu?? Ngagetin aja.. Lho Karen mana?” tanya Bre setelah tahu bahwa orang yang ngagetin dirinya adalah Andi.
“Hahaha!! Kaget yaa?”
“Kagak!”
“Gaya lu Bre sok cool ahh! Karen ngampus dong sedang gue gak ada kelas..”
“Siapa yang nanya?”
“Lho, kan barusan lu nanya, gimana siih??”
“Bener gue nanya, tapi kan gue nanya Karen bukannya nanyain soal elu kuliah atau ga. Gue bukan emak lu kan, paham?!” kata Bre sok serius.
“Aah..sialan luu, Bre. Eeh, ikut gue yuuk ke mall bentar. Gue mo beliin sesuatu buat Karen neeh. Temenin gue yaa, Bre??” ajak Andi berharap.
“Iyaa deh gue temenin. Tapi es Cappucino ma Creppes yaa terus coklat Deli-nya satu..”
“Siip daah.. Buat lu apa siih yang enggak? Tapi bayar sendiri yaa!! Wakakaka!!!!”
“Aaah..dasar bandit kompeni lu, reseeee!!”
Bre mendaratkan pantatnya di atas jok motor Andi dan Plook! tergetoklah kepala berhelm Andi. Brrruuuummmmm!!!!! Mereka menuju salah satu mall tempat nongrongnya kawula muda.
Bbrrrrr!! Sejuk ac langsung menyelimuti tubuh Bre dan Andi. Mereka jalan-jalan mengitari mall dari lantai 1 sampai lantai paling atas. Saling ketawa ketika melihat tante-tante ganjen dan saling melotot ketika melihat ada makhluk cantik berpakaian minim. Muyuuussss Jack!! Kata mereka berdua dengan kompak. Yuupz..antara Andi dan Bre tidak ada rasa canggung sama sekali meski pun peristiwa balik nama, Karen dari Bre ke Andi, sudah berlangsung. Mereka tetaplah seorang sahabat. Saluuttt Jackk!!!!
Bre sedang memilih berbagai macam snack disebuah sudut rak sedang Andi berada di rak motor equipment. Tak berapa lama, mata elang Bre menangkap sepasang pasangan yang tampak mesra. Pasangan itu saling bergandengan tangan, sesekali lelaki itu mengusap lembut rambut wanita dewasa yang tampak cantik dengan mesra.
“Ibu Carissa...,” gumam Bre lirih ketika tahu siapa wanita dewasa yang tampak cantik itu. “Lumayan cakep siih, tapi lelaki dengan perawakan tinggi itu berperut rada buncit, dengan baju yang tampak mahal berkelas. Ngg.. Apakah lelaki itu yang selama ini di ceritakan Ibu Carissa? Yang beliau kenal lewat jejaring sosial itu? Hmm.. Siapakah gerangan dirinya??”
Bre tampak berpikir keras. Tampak kerenyitan di kening Bre. Kemudian Bre mendengar suara.
“Pengen apalagi sayang? Hmm...,” tanya lelaki paruh baya itu dengan mesra. Sesekali mencium kecil telinga Ibu Carissa.
“Makan dulu aja Mas...,” ajak Ibu Carissa sambil menarik mesra lengan lelaki perlente itu.
“Okee sayang. Yuuk..”
“Aseeemm!! Mesra banget mereka berdua. Dan kalo dilihat sih serasi juga berpasangan dengan Ibu dosen yang cantik itu.” gumam Bre, terpaku melihat kepergian Ibu Carissa dengan lelaki gebetannya itu atau bahkan calon suaminya??

***

Burung-burung bersahutan menyambut pagi nan suci. Kepak sayap lemah kupu-kupu membelah dan menembus kabut tipis di remang antara gelap pagi buta dan berkas dari ufuk. Matahari masih malu-malu menunjukkan sinarnya dibalik awan. Sisa-sisa kejayaan sang Rembulan belum sepenuhnya hilang. Berkas temaram sinarnya yang indah tadi malam sejenak kemudian akan hilang seiring dengan memudarnya gelap pagi ini. Pagi buta di hari minggu. Tidak seperti biasanya, disaat orang pada umumnya masih sibuk dengan selimut dan bantal bernoda liur, Bre terlihat sudah berbenah mengenakan setelan kaos polos putih bertuliskan 'Fender' dan celana pendek berwarna hitam. Tak lupa sepatu sport putih melekat manis di kakinya yang berbulu.
Jogging. Sebuah kebiasaan baru bagi Bre setiap minggu pagi selepas perpisahannya dengan Karen. Bre beralasan bahwa jogging ini untuk mengisi kesenggangan waktu yang tersisa karena tak ada lagi kesibukan dengan Karen. Tapi diluar itu semua, yang pasti Bre jelas sedang 'membelokkan' hasrat seksualnya kearah pengurasan fisik, yakni lari pagi agar tetap bugar. Taman kota menjadi pilihan yang tepat bagi Bre untuk ber-jogging ria. Tempatnya yang bersih dan asri menjadi daya tarik tersendiri bagi para pelaku olahraga hari minggu.
“HOSHH..HOSHH....(suara nafas Bre yang sedang ber-jogging). Hoshh...hmm...lari pagi...badan sehat...hhhuhh..hahh...,” teriak Bre dalam hati memberi semangat pada dirinya sendiri.
Di sisi kiri dari posisi berlari Bre, terlihat dua orang cewek cantik nan seksi sedang berjalan santai. Ayunan kaki Bre melambat, signal seorang Don Juan menyala menandakan ada target yang masuk di dalam area serang Don Juan. Begitu posisinya telah sejajar dengan kedua cewek tersebut mendadak Bre menarik gagang hand rim dan menghentikan kaki seketika. Bruukk!!!
“Aduhh!!!” teriak Bre nyaring dan menjatuhkan diri di samping cewek cantik. Spontan membuat kedua cewek tersebut kaget.
“Eitss...ada apa mas???” sambut salah satu cewek yang paling dekat dengan posisi Bre dan merupakan target bidik Bre.
Bidikan Bre tak akan meleset. Dengan hanya melihat tatanan rambut dan bentuk tumit, Bre sang Don Juan sudah bisa memastikan apakah si cewek bidikan layak serbu ataukah jangan dahulu.
“Aduhh...maaf mbak...terkilir...uhh!!” lanjut Bre sambil beringsut ke arah bibir trotoar namun dengan gerakan menghalang langkah kedua cewek tersebut.
“Uhh kacian...sendirian mas?” ucap si cewek teman target Bre sambil menarik tangan temannya untuk mendekat ke arah Bre dan menolong Bre.
Kejadian berikutnya tentu sudah dapat ditebak para pembaca semuanya. Aksi terkilir Bre akan dibarengi dengan hembusan ucapan manis dari Don Juan. Ujung-ujungnya pasti diakhiri dengan permintaan nomor HP oleh Bre.
“Mbak punya perban? Kain kasa itu lho mbak...,” ucap Bre pada si cewek target.
“Buat apa mas?? Kan kakinya gak berdarah. Lagian aku ga punya, ngapain aku bawa perban segala!!” balas si cewek bingung.
“Buat membungkus hatiku buat kamu...cieeehh. Kalo nomor HP punya mbak???” rayuan maut karya Don Juan kadal Brian Kusuma Wardhana.
Kebiasaan baru Bre setelah lari pagi di taman kota adalah mampir sejenak ke pasar rakyat di sisi timur taman kota. Bukan untuk belanja, hanya untuk lirik sana lirik sini melihat ibu-ibu muda yang masih cukup singset untuk dinikmati keindahannya. Selagi Bre sedang asyik menikmati kerumunan ibu muda yang sedang antre di sebuah stan jajanan pasar, tiba-tiba datang seorang wanita berjalan ketempat dimana Bre sedang berdiri.
“Hei!!! Lagi lihat apaan?!” bentak wanita tersebut dan saat Bre menoleh ke arahnya ternyata...
“Lho...Bu Carissa!!! Belanja Bu??? Tumben-tumbenan..hehehe...,” Sambut Bre pada wanita yang membentaknya.
“Ganteng...nanti siang saya undang makan yah di rumahku. Jarang-jarang lho aku masak sendiri. Cobain ya...,” ucap Bu Carissa setelah mereka saling bertegur sapa satu sama lain.
"Buat Ibu apa sih yang enggak, hehehe. Ok deh Bu...,” Balas Bre meyakinkan.
Setelah pertemuan pagi itu, Bu Carissa pun pulang. Sedangkan Bre segera meluncur ke arah kampus namun bukan untuk ngampus, melainkan mampir ke warung Bu Sumi seperti biasa. Sudah waktunya sarapan.
“Bik Sumi, nasi Pecel sambel tumpang seperti biasa Bu, sama es jeruk manis...,” ucap Bre begitu sampai di warung langganannya yang sangat bersahabat itu.
“Bre Gondrong....tunggakan kamu sudah hampir dua bulan. Nih lihat! Dua lembar bolak-balik buku tulisku cuman penuh sama tandatanganmu. Sekarang bayar dulu!! Ibu perlu buat belanja lagi baru kamu boleh makan disini!!” bentak Bik Sumi dengan galak namun penuh canda. “Hari ini Ibu ga masak, ndronggg!!! Modal Ibu habis buat ngutangin kamu !!” lanjut Bik Sumi lagi dengan nada serius.
“Yahhh Ibu..maaf banget ya, hari ini aku blum ada uang. Bre usahain besok deh lunas Bu. Ya udah Bre pamit dulu, sekali lagi maaf lho Bu...” balas Bre dengan salah tingkah dan diliputi perasaan tidak enak pada Bik Sumi.
Langkah gontai Bre menyusuri tepian kampus dengan lesu karena rasa lapar yang demikian menyeruak. Kepalanya begitu berat, susah sekali digunakan berpikir. Langkah Bre semakin lemah tanpa daya akibat terkuras waktu jogging. Namun, sekali lagi Bre teringat pada sosok Karebet yang jenaka. “Oh ya...kenapa aku tidak kerumah Karebet saja untuk meminta sedikit makan. Tanggal 30, uuh...lama sekali tanggal satu-nya....,” batin Bre sambil berusaha menguatkan langkahnya menuju rumah sahabatnya.
“Permisi kakang Bima..”
“Ohh...selamat datang adikku Arjuna. Ada angin apakah hingga membuatmu datang di kerajaanku sepagi ini??”
“Iya kakang Werkudoro. Aku tak tahu lagi harus kemana...”
“Lho lah dalah...apa penyebabnya adikku, Janoko? Apakah Srikandi meninggalkanmu?”
“Bukan itu kakang...kerusuhan yang terjadi di padang Kurushetra telah membuatku gundah kakang..”
“Gundah? Apakah itu adik Arjuna?? Apakah pasukan Kurawa masih saja mengganggu hidupmu?”
“Tidak...Duryudana dan pasukannya sudah lama tak terlihat. Namun, sebentar kakang Bima...apakah kakang Yudistira ada di sini?”
“Iya...kakangmu...Puntadewa ada di sini. Sebenarnya ada apakah gerangan adiku Arjuna?”
“Aku ingin kita bertiga berbicara, Kakang. Nakula dan Sadewa hilang!!!”
“Apa...???!!”
“Hahaha....lu apaan sih Bre pakai acara ber-mahabharata segala!!! Ade ape lu??” ucap seseorang yang ternyata adalah Karebet.
“Hehehe...lu juga ngapain main ikut aja hahh!!!” sambar Bre.
Derai tawa terdengar menyeruak di ruang tamu Karebet. Ibu Karebet yang sedang libur kerja dan sedang duduk santai di ruang tengah menjadi ikut tersenyum mendengar celoteh kedua pemuda konyol itu.
“Bet...ehmmm gue laperr...belum dapet kiriman dari ortu!!” ucap Bre sambil malu-malu kucing.
“Jangan malu-malu.....kucinggg!!” teriak Karebet demi melihat sahabatnya yang sedang kebingungan itu.
“Udah sono kebelakang...ambil sendiri sesuka hati lu dah. Gitu aja pakai sungkan!!!” lanjut Karebet sambil tertawa geli.
Pertemanan Bre dan Karebet memang sudah seperti saudara sendiri. Ibu Karebet pun juga sudah sangat terbiasa dengan kehadiran Bre. Masalah memberi makan pun juga bukan hal susah bagi mereka, Bre diberikan kebebasan di sana layaknya di rumah sendiri.

***

Hari belum beranjak terlalu siang. Terik pun juga tak begitu terasa menyengat. Perut Bre gondrong sudah terasa begitu keroncongan. Namun waktu untuk makan siang seperti yang sudah dijanji Ibu Carissa belum juga tiba. Untuk mengisi kekosongan waktu, Bre mengambil gitar bolongnya yang sedang bertengger di sudut kamar kosannya.
Nun jauh disana, Bu Carissa sedang membaca SMS dari Pak Pram. Dik Carissa, jika tidak ada kesibukan..bolehkah saya mengajak untuk nonton siang ini? Action si Iko Uwais di film laga The Raid membuatku penasaran....bisakah? Isi SMS Pak Pram yang dibaca Bu Carissa. Aduh maaf Pak...saya sudah ada janji makan dengan keponakan saya siang ini...ehmmm lain kali saja yah. Tampik Bu Carissa dalam SMS-nya, sepertinya Bu Carissa masih cukup enggan membuka hati untuk yang lain sejak berkenalan dengan pria di jejaring sosial itu. Meski dalam hati sebenarnya Bu Carissa memiliki kekaguman tersendiri pada sosok Pak Pram yang gagah beracun.
Kembali pada permainan gitar Bre, Berbagai lagu ia nyanyikan, seperti lagu Power-nya Helloween...
…...........................................
We've got the power
We are divine
We have the guts to follow the sign
Extracting tensions from sources unknown
We are the ones to cover the throne
…...........................................
kemudian lagunya Dream Theater berjudul Strange de Javu...
…....................................
Subconscious Strange Sensation
Unconscious relaxation
What a pleasant nightmare
And I can't wait to get there again
Every time I close my eyes
There's another vivid surprise
Another whole life's waiting
Chapters unfinished, fading
…....................................
dan diakhiri oleh lagu gahar milik Kaisar berjudul Kerangka Langit.
…............................................
Dan cerita manusia perlu berganti
Dan layar pun sudah mulai dikibarkan kawan
Genggam tangan penuh keyakinan
Mulailah melangkahkan kaki baru
Menelusuri jalan penuh kerikil kawan
Itu jalan menjadi dewasa
…..........................................
Selesai di lagu ketiga, jam sudah menunjukkan bahwa Bre harus segera beranjak menuju kerumah Bu Carissa.
Sesampainya di rumah Bu Carissa, Bre disambut hangat oleh pemilik rumah yang cantik jelita. Siang itu Bu Carissa tetap menampakan kecantikannya walaupun hanya berbusana daster sederhana. Wajah cantik Bu Carissa bak putri keraton Solo. Rambutnya yang tergerai panjang menyokong wajah cantik itu menjadi lebih anggun dan berkelas. Acara makan siang segera berlangsung dengan meriah. Meriah bukan karena ramainya tamu, tapi karena suara berisik Bre yang seperti kesetanan saat melahap makanan yang tersaji. Berkali-kali mulutnya terlihat mendesis menahan pedas. Namun Sepertinya ia sangat menikmati sajian makan gratis itu.
Seminggu sudah setelah acara makan siang bersama di rumah Ibu Carissa. Sinar matahari di hari minggu pagi bersinar cerah memasuki jendela kamar kot. Tidak secerah hati Bre ataupun tidak seredup hati Bre. Semuanya datar-datar aja nothing special. Bre terlihat sedang memandangi sebingkai foto antara dirinya yang sedang berpelukan dengan Karen, tentunya ketika masih berpacaran. Tersenyum simpul ketika mengenang kebersamaan mereka, terlebih saat-saat terakhir dimana Karen merengek-rengek minta married. Bre terlihat menggeleng-gelengkan kepala berambut dreadlock-nya ketika mengingat itu semua.
Sekarang Karen sudah bersama Andi dan dirinya mengikhlaskan, karena bersama Andi, Karen lebih bahagia. Diambilnya sebatang rokok dan segera disulutnya dengan sebatang korek api. No lighter he has. Bre beralih menuju jendela kamarnya. Dia melihat burung perkutut sang Empunya kos sedang sarapan jagung, sesekali minum dan kemudian mendendangkan kicauan merdu. Entah kenapa kicauan makhluk lucu bersayap itu begitu menenangkan hati dan jiwanya. Bre tersenyum kecil ketika perkutut itu terlonjak kaget dan langsung terdiam dari kicauannya ketika dikejutkan oleh suara mangga yang jatuh dari pohon tak jauh dari sangkarnya. Bre kembali menerawangkan pikirannya. Kali ini mengenai sosok Ibu Carissa. Sekarang Ibu dosen cantik itu sudah mempunyai tambatan hati seseorang yang tampak perlente, dan ganteng walaupun rada berumur.
Ibu dosen yang awalnya sangat membencinya itu akhir-akhir ini menjadi begitu hangat terhadap dirinya. Tapi itu pasti hanyalah sementara, semuanya pasti akan ada titik akhirnya dan tidak akan ada koma lagi. Bre merasa tidak pantas untuk mendambakan Ibu Carissa, begitu jauh level yang memisahkan antara dirinya dengan dosen cantik itu. Kalo sekedar teman atau sahabat masih memungkinkan. Yang terpenting dan terutama, mata kuliah yang diampu Ibu Carissa sudah lulus dan menjadikan dirinya segera menyusun skripsi untuk mendapatkan gelar kesarjanaannya.
Bre melemparkan puntung rokok yang sudah habis dihisapnya ketempat sampah dengan gaya seolah-olah dirinya adalah seorang Kobe Bryant sedang melakukan free throw ke keranjang basket. Lemparannya tepat masuk kedalam tempat sampah dan Bre pun tersenyum sambil mengepalkan tangannya, seakan-akan dia sedang dalam sebuah pertandingan basket dan lemparan free throw yang dilakukannya itu adalah lemparan penentu kemenangan teamnya.
Brian—cowok ganteng—yang selalu menjadi panutan di BEM maupun HMJ kampusnya menyulut rokok yang kedua kalinya kemudian menghempaskan tubuhnya di atas kasur.
“Keyshaa..hmm...,” gumam Bre perlahan.
Bre tersenyum ketika pertama kalinya mendatangi rumah ber-cat cokelat itu. Bre ingat ketika melihat acara seni teater membaca puisi di hall kampus. Bre pun masih merekam jelas dalam ingatannya ketika menonton bioskop dengan Keysha, Karebet juga Santi. Waktu itu dengan gayanya yang kocak Bre bilang bahwa kita kaya seperti rombongan sirkus, waktu berjalan kearah Twenty One. Dan kata-kata spontan yang keluar dari mulut Bre itu membuat Keysha Luna Djatmiko tertawa ngakak terus-terusan. Bahkan ketika sudah berada di dalam gedung bioskop dan film telah diputar, Keysha selalu tertawa keras ketika dengan tak sengaja bertatap mata dengan Bre. Itu membuat sebagian besar penonton bioskop terheran-heran karena adegan di bioskop sedang menampilkan adegan sedih.
Sudah sekian kali dirinya menyambangi rumah Keysha untuk sekedar ngobrol dan sesekali mencoba untuk ber-romantis ria dan itu sudah berhasil dilakukan Bre. Keysha pasti merasa kesepian ketika Bre tak kunjung jua menyambangi rumahnya. Ujie, sang Tunangan yang sikapnya begitu dingin terhadap Keysha pun sedikit demi sedikit terhapus luruh dari perasaannya seiring kehadiran Bre. Tapi ada sesuatu yang membuat dirinya merasa rikuh ketika melihat tatap mata yang mengisyaratkan tidak suka akan kedatangan dan kehadirannya dirumah ber-cat cokelat itu. Yaah.. Mamanya Keysha.
“Gue sudah mulai suka dengan Keysha. Hmm.. Moga aja bisa gue perjuangkan,” batin Bre dengan sorot mata penuh keyakinan yang kuat. Ketika masih asyiik dengan lamunannya yang sepertinya tak akan berujung itu, tiba-tiba terdengar bunyi ringtone dari handphone kesayangannya. Sebuah reff lagu dari BonJovi “Blaze of Glory” bergema keras stereo. “Nomer siapa yaa??” batin Bre sambil ketika mendapati handphone-nya di telpon oleh nomor yang tidak tersimpan di-list contact-nya.
“Hallo...,” sapa Bre.
“Maaf apa ini dengan sodara Brian?” tanya suara cowok dengan nada berat diujung telepon.
“Betul, ini Brian. Maaf dengan siapa saya bicara?” tanya Bre penasaran.
“Saya Burhan Djatmiko, Papanya Keysha.”
DEEGGG!!! Ada apakah gerangan sampai Papanya Keysha nelpun gue???? 
“Iyaa Pak, ada yang bisa saya bantu?” jawab Bre menebak-nebak soal apakah yang akan dibicarakan bapaknya Keysha.
“Hmm.. Begini anak muda. Saya sudah mendengar tentang perihal anda dari istri saya, kalau anda sering bermain kerumah kami untuk bertemu Keysha. Benarkah begitu?” tanya Papanya Keysha terdengar berwibawa.
“Benar, Pak. Ngg.. Kenapa yaa?”
“Begini.. Saya yakin anda adalah cowok baik-baik. Cowok baik-baik itu akan selalu menghormati ketika tahu bahwa cewek yang sering dikunjunginya itu sudah mempunyai tunangan dan tidak akan merusak hubungan diantara keduanya. Paham? Jadi saya minta baik-baik pada anda, agar anda tidak usah berhubungan dengan Keysha lagi, meskipun anda akan menjawab pertanyaan saya dengan kalimat, kami Cuma temenan aja kok Pak, itu non sense buat saya. Keysha akan bahagia dengan tunangannya itu, masa depannya akan lebih terjamin dimasa mendatang. Jadi saya mohon, jauhi Keysha apapun alasannya!!”
Brian hanya terpaku terdiam mendengar celotehan orang tua yang sangat meremehkannya. Darahnya mendidih, giginya gemeletukan, raut wajahnya memerah marah, emosinya menggelegak demi mendengar pernyataan Papanya Keysha seolah-olah Keysha akan merana jikalau berhubungan denganya.
“Anak muda, Anda tidak mau kan dikatakan sebagai perusak hubungan orang lain? Saya yakin seorang idealis seperti anda pasti tahu harus bersikap bagaimana. Oke, itu aja yang ingin saya sampaikan,” imbuh suara berat Papanya Keysha dari seberang telepun.
“TUT..TUT..TUUT....” suara sambungan telepon terputus. Bre bahkan tidak sempat membalas ucapan Papanya Keysha. Dia cuma shock dan terpaku. Sekarang, jalan untuk mendapatkan Keysha sangatlah terjal, meski seandainya Keysha juga suka padanya.
“Brengseekk!!! Bajingaaannn!!!!” umpat Bre penuh emosi. “Hmm.. Gue harus berkepala dingin. Dalam hal ini Keysha tidak bersalah. Orang tuanya pasti yang menekan dan menjodohkan dia dengan tunangannya. Kasian Keysha selalu kesepian di rumah, tiada teman tiada kawan. Makanya dia selalu merajuk dan ngambek kalo gue ga main ke rumahnya. Keysha, gue akan berjuang buat lu...,” gumam Bre lirih tapi terlihat kilat semangat membara diwajah gantengnya. “Aku pasti bisa!!” kata Bre yakin sambil mengepalkan tangan seraya menatap sebuah foto.
Yuupz. Sebuah foto super hero Superman yang kepalanya sudah diganti dengan kepala Bre dan dada yang bertuliskan huruf S juga sudah diganti huruf B. BreeMan!! Hahaha Mantap Jackk!!! Bre membuang puntung rokok keduanya ke dalam tempat sampah, dengan gerakan ala Hakeem Olajuwon sedang melakukan slam dunk. Bre melemparkan puntung rokok itu dengan telak tapi sayangnya hanya mengenai bibir keranjang dan meleset ke luar.
Tag : Cinta, Fiksi, Novel
0 Komentar untuk "Juwita Hati: Tak Mudah Menggapaimu"

Untuk diperhatikan!!!

1. Dalam berkomentar gunakan bahasa yang sopan
2. Dilarang menyisipkan link aktif
3. Komentar yang mengandung unsur kekerasan, porno, dan manyinggung SARA akan dihapus

Back To Top