Kumpulan Cerpen, Novel, Puisi, Komunitas Penulis, Lomba Menulis Cerpen dan Novel

Lomba Menulis Cerpen Remaja 2015 Writing Revolution

Update informasi Lomba Menulis Cerpen – Pembaca yang budiman, pada kesempatan kali ini, admin berbagi informasi lomba menulis cerpen tahun 2015. Event tiap tahunan yang selalu ditunggu para penulis cerpen. Lomba Menulis Cerpen Remaja (LMCR) 2015 diadakan oleh Writing Revolution, yang sudah menyelanggarakan LMCR sebanyak 5 kali sejak tahun 2011. Ajang ini merupakan sebagai wadahi untuk melahiran penulis-penulis handal di Indonesia dan juga menyediakan sekolah menulis online, penerbitan indie, percetakan dan pelatihan menulis kreatif. Untuk informasi selengkapnya silahkan disimak berikut ini.


LOMBA MENULIS CERPEN REMAJA 2015
Tema Lomba: “Lika-Liku Cinta Remaja”

PESERTA:
Terbuka untuk umum yang memiliki minat dalam penulisan cerpen. Tidak dibatasi umur, pendidikan, status, daerah dan lain lain. Siapa saja boleh mengikuti lomba ini dengan memenuhi ketentuan dan syarat lomba.

SYARAT PENULISAN:
  1. Panjang cerpen 4-10 halaman, spasi ganda (spasi 2), jenis huruf Times New Roman font 12, ukuran kertas A4. Menggunakan format Microsoft 2003/2007, atau dalam format PDF.
  2. Margin: atas, bawah, samping kiri dan kanan (semua sisi 3 cm atau 1,18 inci), beri nomor halaman.
  3. Cerpen harus sesuai dengan tema lomba, tidak mengandung asusila, ponografi dan kekerasan berlebihan, serta tidak menghina/melecehkan keyakinan tertentu.
  4. Cerpen belum pernah diikutkan dalam lomba menulis atau dipublikasikan di media online, blog/website, atau sosial media.
  5. Biodata penulis ditulis di bagian akhir naskah cerpen: halaman biodata tidak dihitung sebagai halaman naskah cerpen. Isian biodata penulis yang wajib disertakan: Nama Lengkap, Nomor HP/Telpon, Email Aktif, Alamat Lengkap.
  6. Setiap peserta bisa mengikutkan maksimal 3 cerpen (baca ketentuan lebih lanjut).
  7. WAJIB Mencantumkan Nomor Registrasi LMCR 2015 di bagian atas cerpen (di atas judul cerpen). Keterangan cara mendapatkan nomor registrasi peserta baca informasi lebih lanjut di bawah ini.
  8. Peserta yang tidak menyertakan nomor registrasi cerpennya dinyatakan GUGUR/DISKUALIFIKASI.

CARA REGISTRASI LMCR 2015:
  • Peserta membayar biaya registrasi sebesar:
Satu cerpen = Rp 52.000,
Dua cerpen = Rp 52.000,- + Rp 15.000,- = Rp 67.000,-
Tiga cerpen = Rp 52.000,- + Rp 15.000,- + Rp 15.000,- = Rp 82.000,-
  • Untuk peserta yang ingin mendaftarkan dua atau tiga cerpen harus melakukan pembayaran registrasi sekaligus. Setiap peserta akan mendapat nomor registrasi LMCR 2015 sesuai dengan jumlah cerpen yang mereka daftarkan. Jika mendaftar dua cerpen, akan dapat dua nomor registrasi. Begitu juga jika mendaftarkan tiga cerpen, akan dapat tiga nomor registrasi.
  • Transfer total biaya registrasi ke salah satu nomor rekening bank berikut ini:
BCA:  2200-451-972 a/n Joni Lis Efendi
MANDIRI: 108-0011-234-359 a/n Joni Lis Efendi
BRI: 2087-01001-202-500 a/n Joni Lis Efendi
Bank Syariah Mandiri:  095-7046-370 a/n Joni Lis Efendi.

  • Bagi yang transfer lewat ATM/Bank/internet banking: Foto bukti slip/kertas transfer biaya registrasi dan dikirim bersama data diri (nama lengkap, nomor HP/Telp, email aktif, alamat lengkap) kirim ke email: LMCR2015@yahoo.com (data diri dikirim di badan email/inbox, sedangkan foto bukti transfer di Lampiran File).
  • Bagi yang transfer lewat M-Banking/SMS banking forward/teruskan sms laporan transaksi ke nomor: 0857-6320-8009 (tulis di bagian bawah smsnya: nama lengkap, nomor HP, email aktif, alamat lengkap).
  • Begitu email atau sms registrasi kami terima, kami akan mengkirimkan nomor registrasi LMCR 2015. Nomor registrasi ini WAJIB dicantumkan di cerpen yang akan Anda ikutkan dalam lomba LMCR 2015.
  • Setiap peserta yang sudah registrasi berhak mendapatkan 4 ebook. Di mana 3 ebook dikirim langsung ke email Anda. Sedangkan ebook Antologi Pemenang LMCR 2015 akan kami kirim setelah pengumuman pemenang lomba. Karena itu, kami meminta email Anda yang aktif supaya ebook terkirim dengan baik. Kami tidak akan mengirim ulang ebook tersebut jika ternyata email yang Anda kirimkan tidak aktif/salah.
  • Periode registrasi LMCR 2015 dilakukan dari sekarang sampai tanggal 21 Desember 2015 (atau seminggu sebelum deadline lomba).
  • Registrasi dulu dan naskah cerpen bisa dikirim belakangan asalkan tidak melewati deadline yang sudah ditetapkan panitia.

CARA PENGIRIMAN NASKAH:
  • Naskah cerpen harus sesuai dengan syarat penulisan seperti yang dituliskan di atas.
  • Wajib mencantumkan NOMOR REGISTRASI LMCR 2015 di bagian atas cerpen (di atas judul cerpen). Satu cerpen hanya memiliki satu nomor registrasi. Cara mendapatkan nomor registrasi LMCR silakan baca keterangan di atas.
  • Format file naskah cerpen adalah Microsoft Word 2003/2007 atau PDF. File naskah cerpen dikirim di LAMPIRAN FILE. Kami tidak menerima naskah cerpen yang ditulis di inbox/badan email.
  • Kirim naskah cerpen ke alamat email: LMCR2015@yahoo.com
  • WAJIB menulis judul/subjek email: LMCR 2015#Nomor Registrasi#Judul Cerpen (hal ini untuk memudahkan kami mendata cerpen yang sudah Anda kirim)
  • Paling lambat pengiriman naskah cerpen: 28 Desember 2015, pukul: 24.00 WIB

KRITERIA PENILAIAN
  • Orisinalitas.
  • Kreativitas pengolahan ide.
  • Kedalaman pesan/moralitas.
  • Keindahan bahasa, gaya bertutur, dan kaidah penulisan.
  • Syarat dan kelengkapan naskah.

PENGUMUMAN PEMENANG:
Pengumuman 30 Nominasi Cerpen: 30 Januari 2016, dan Pengumuman Pemenang 15 Februari 2016. Jika ada informasi perubahan jadwal pengumuman akan kami posting di Blog Writing Revolution.
HADIAH:
  • Juara I      : Rp 3.000.000,-
  • Juara II    : Rp 2.000.000,-
  • Juara III  : Rp 1.000.000,-
  • Tiga Pemenang Favorit @ Rp 500.000

*Jika buku pemenang LMCR 2015 diterbitkan secara nasional dan masuk toko buku besar, para nominator akan mendapat royalti. 30 Cerpen Pilihan Dibukukan.

KETENTUAN MENGIKAT
  • Keputusan DEWAN JURI tidak bisa diganggu gugat.
  • Panitia tidak MELAYANI SURAT-MENYURAT.
  • DEWAN JURI berhak membatalkan keputusannya, jika di kemudian hari diketahui karya pemenang lomba melanggar karya cipta orang lain (plagiat) atau mengikuti lomba sejenis atau telah dimuat di koran/majalah.
  • HAK CIPTA tetap ada pada penulis, sedangkan PANITIA memiliki HAK untuk MEMPUBLIKASIKANNYA (membukukannya).

TIM DEWAN JURI:
  1. Bambang Kariyawan, Ys. (cerpenis, guru)
  2. Endang SSN (cerpenis, novelis)
  3. Joni Lis Efendi (founder Writing Revolution)
NOMOR KONTAK:
SMS: 0823-2524-7708, 0813-9272-1666
WA: 0857-6320-8009
PIN: 7DE64FFB

Info Lengkap klik: Writing Revolution

Jika Anda tertarik dengan Lomba Menulis Cerpen Remaja (2015) segera daftarkan diri Anda. Persiapkan karya Anda sebaik-baiknya. Pahami terlebih dahulu syarat-syarat dan ketentuan lomba. Siapa tahu karya Anda mampu menjadi pemenang lomba ini.
Demikian informasi mengenai Lomba Menulis Cerpen Remaja (2015) yang diselenggarakan oleh Writing Revolution. Semoga bisa menjadi referensi bagi para pembaca. Tidak lupa admin mengingatkan untuk share informasi penting ini (kalau mau copy-paste artikel ini, sertakan link asalnya juga). Semangat dan Selamat berkarya para penulis Indonesia.
3 Komentar untuk "Lomba Menulis Cerpen Remaja 2015 Writing Revolution"

maaf gan, numpang share informasi buat sobat cerpen indonesia: suka nulis cerpen tapi gak tahu mau dikemanakan? jangan simpan percuma cerpen2 kamu. donasikan cerpen kamu dengan mengirimkannya ke blog suaraislamiyah dan biarkan lebih banyak orang membaca cerpen kamu. menangkan hadiah menarik berupa buku dan souvenir dari suara islamiyah setiap tiga bulan sekali dengan menjadi penulis pilihan kami.

Mohon maaf sblmnya, tapi utk keakuratan pengadaan lomba ini, kita bisa mendapat informasi darimana? Karena banyaknya kasus penipuan melalui media online, saya hanya ingin tahu kejelasan agar tdk ada pihak yg dirugikan. Mohon respon dr pihak penyelenggara acara. Terima kasih.

Untuk diperhatikan!!!

1. Dalam berkomentar gunakan bahasa yang sopan
2. Dilarang menyisipkan link aktif
3. Komentar yang mengandung unsur kekerasan, porno, dan manyinggung SARA akan dihapus

Back To Top