Kumpulan Cerpen, Novel, Puisi, Komunitas Penulis, Lomba Menulis Cerpen dan Novel

Juwita Hati: Bingkisan Hati

NUN jauh di sana...
Bunyi nada dering SMS received, Dik Carissa...malam ini kan malam minggu...kita jalan ke taman kota yukk!! Sebuah SMS dari Mister Pramudya atau lebih biasa dipanggil Pak Pram muncul di layar HP Bu Carissa.
Aduhh sekali lagi maaf Pak Pram...badan saya kurang sehat!! jemari lentik halus Bu Carissa nampak menari cepat menekan keypad HP-nya saat membalas pesan dari Pak Pram. Bunyi nada dering SMS delivered.
Bunyi nada dering SMS received...
Bunyi nada dering SMS received lagi. Dua SMS sekaligus masuk ke-inbox Bu Carissa. Banyak istirahat....kalau butuh ke dokter, saya bisa temani Dik!! Isi pesan balasan dari Pak Pram terlihat gigih tanpa mau menyerah untuk bisa bertemu dengan Bu Carissa.
Nanti saya hubungi lagi ya Pak jika memang saya mau ke dokter. Terimakasih. Balas Bu Carissa dengan kalimat penolakan halus agar tak menyinggung perasaan penerima pesan. Bunyi nada dering SMS delivered. Jemari lentik Bu Carissa kembali menari untuk melanjutkan membuka SMS kedua, Bu dosenku yang cantik, malam minggu pukul tujuh aku apel ke rumahmu...boleh?? sebuah pesan dari Bre bernada kelakar dengan meniru bait lagu alm. Gombloh membuat sudut bibir Bu Carissa terangkat dan mengembang. Senyumnya terbit tatkala membaca isi SMS Bre tersebut.
Saya takut premannya minta jatah, saya lagi kurang enak badan. Jadi mending kita ketemu di warung wedang ronde dekat Patungsang, menemani saya minum wedang hangat, balas Bu Carissa Via SMS dengan tersenyum manis. Bunyi nada dering SMS delivered.
Sakjane wis suwe, aku naksir kowe ning ora kewetu...yo nduk yo..
Sak ayu-ayune jelas milih kowe, dadi inceranku..yo nduk yo..
Dino setu wage, las-lasan tanggale tak nembung bapakmu...yo nduk yo..
Yen kowe meneg wae, ra ono jawab e tak anggep setuju...yo nduk yo...
Sewu siji kenyo koyo kowe eman-eman...yen kleru jodone..
Lagu karya Genk Kubro berjudul Genduk mengiringi langkah Bre menuju meja yang telah ditempati Ibu Carissa. Bre duduk di meja paling pojok bersama Bu Carissa. Suasana santai, warung lesehan khas Jogjakarta, sampai-sanpai lagunya pun juga harus lagu made in Jogjakarta seperti lagu Genk Kubro-nya mahasiswa Institut Kesenian Jogjakarta yang sedang diperdengarkan saat itu. Selain wedang ronde dan wedang jahe, ada juga ‘kopi joss’. Taukah saudara-saudara pembaca apakah itu kopi joss?? Kopi joss adalah kopi hitam (plain coffee) yang disajikan dalam sebuah gelas kayu namun di-joss (baca:dicelupkan) dahulu dengan sebuah bara menyala (arang menyala) sebelum disajikan. Rasanya menjadi unik dan menggelitik. Aroma gosong nan gurih dan sedap senantiasa akan menusuk hidung hingga tetes terakhir kopi.
“Ehm...saya pesan kopi joss pahit, gulanya dikit aja mas..sama nasi kucing ikan teri. Eh Mas, nasinya dibakar dulu ya biar mantap...!!!” ucap Bre tanpa malu-malu kepada mas pelayan yang sedari tadi siap siaga dengan sebatang pensil HB dan seikat kertas pesanan.
Bre melirik kearah Bu Carissa. Dilihat olehnya bahwa Ibu cantik itu sedang sibuk meniup wedang rondenya yang sepertinya masih panas dengan diliputi kepulan asap beraroma jahe yang wangi. Di samping mangkuk wedang ronde Bu Carissa tergeletak sebuah piring berisikan 3 potongan besar tempe bacem dan 3 tusuk sate usus pedas. Tanpa permisi, Bre mencomot satu potong tempe bacem anget itu dan langsung di gigitnya.
“Bu...jangan ditiup begitu, katanya ibu sedang sakit. Kalau ditiup begitu apa ga malah tuh penyakit masuk ke mangkuk trus diminum lagi oleh Ibu? Sama juga gondrong..eh..sama juga bohong Bu...!!!” ucap Bre sok berpetuah bijak sambil mulutnya sibuk mengunyah tempe.
“Iya juga ya...uhh kamu tuh ya...udah ganteng...pinter lagi!!!” Sambut Bu Carissa sembari tersenyum simpul.
“Ah Ibu...jangan begitu ah! Kepala Brian bisa membesar nanti!!!” Jawab Bre sambil menggaruk kepala.
“Yee...ge-er!! Belum juga Ibu selesai ngomong udah dipotong!! Udah ganteng...pinter...tapi sayangnya, playboy cap kadal!! Hahahaha...,” Bu Carissa tertawa girang menandakan kemenangannya beradu kata bersama mahasiswa brilian bernama Brian Kusuma Wardhana.
“Bu...aku mau ngomong penting!!” ucap Bre membuka pembicaraan setelah ia menghabiskan nasi kucingnya.
“Apa Brian???” tanya Bu Carissa sambil mengerutkan Keningnya yang licin mulus.
“Ibu, saya kok kayaknya lebih suka jika Ibu bersanding bersama Pak Pram ya Bu daripada jika Ibu bersama lelaki buncit yang saya lihat di mall itu!!” lanjut Bre serius.
“Brian...tolong...pliss ya? Jangan rusak suasana hatiku malam ini, aku sudah cukup nyaman ngobrol dan becanda sama kamu di sini malam ini. Aku tak mau semuanya berubah menjadi bad mood!!”
Terdengar kata-kata tegas Bu Carissa. Sebuah ketegasan yang pernah dirasakan Bre saat dahulu kala meminta ujian lisan ke Bu Carissa.
“Ibu...saya tidak suka melihat lelaki buncit iitu Bu. Lagian kayaknya dia terlalu tua buat Ibu!!” cerocos Bre tanpa memperdulikan wajah Bu Carissa yang semakin berubah menuju bentuk menakutkan, sebuah wajah jutek nan dingin seperti es.
“Brian!!! Cukuppp!! Tolong hargai privasiku, Brian!! Lebih baik kita bahas topik yang lain saja!!” bentak Bu Carissa dengan marah.
Wajah Bu Carissa bersemu merah. Darahnya begitu cepat mengalir ke kepala dan membunuh pekertinya.
“Buncit...buncit...buncit!!!” Bre membalas kegalakan Bu Carissa dengan mendelik dan berkali-kali mencibir.
“Brian...diam kamu!!!”
Ibu Carissa menyalak dengan nada tinggi. Beberapa pengunjung warung sempat terkaget oleh lengkingan suara Bu Carissa.
“Ibu yang diam!!!”
Bre tak mau kalah dan memainkan wajah super dungu. Ia sengaja bertingkah santai dan tengil meski Bu Carissa berkali-kali membentaknya.
“Ya sudah! Aku pulang saja kalau begitu!!!”
Bu Carissa dengan kasar berdiri dan hendak melangkah pergi meninggalkan Bre. Namun dengan sigap, Bre menarik lengan halus Bu Carissa. Langkah Bu Carissa menjadi terhenti sejenak.
“Si Buncit BURHAN DJATMIKO!!!” ucap Bre sambil melotot kearah Bu Carissa.
Kini Bu Carissa yang sebaliknya ikut melotot. Terjadilah aksi saling melotot di antara mereka. Bre menarik Bu Carissa untuk duduk kembali. Bu Carissa pun menurut saja karena merasa heran dan penasaran pada ucapan Bre yang terakhir tadi.
“Kamu kok tahu nama dia???” tanya Bu Carissa dengan dibarengi kerutan di keningnya.
“Aku juga tahu kalau Ibu habis beli berlian ditemenin Si Buncit !!!” imbuh Bre dan semakin membuat Bu Carissa heran.
“Aku juga tahu kalau Ibu mencium pipinya saat itu!”
“Aku juga tahu seberapa mesranya Ibu dengan dia!”
“Aku juga punya foto lengkap Ibu dan Si Buncit saat beli erlian...uhh mesranya!!”
Bre terus saja nyerocos tiada henti. Bu Carissa yang duduk di depan Bre menjadi heran dan uring-uringan. Terlihat mulut Bu Carissa ngedumel sendiri tiada henti.
“Brian...tolong ceritakan ke Ibu! apa yang kamu ketahui tentang      Mas Burhan???” tanya Bu Carissa dengan super penasaran.
“Males ah!! Katanya aku ga boleh ikut campur??!! Pulang yuk...,” balas Bre enteng.
“Brian!!! Ayo cerita sekarang juga atau aku anulir nilai B mu!!!” bentak Bu Carissa dengan melotot.
“Iya Bu...ampun...ampun...!!!” sahut Bre cepat dengan nada panik. “Ibu tarik nafas yang dalam dulu lalu hembuskan!!! Bbegini....ehhmm...begini Bu....aduh gimana ya menjelaskannya...,” ucap Bre kebingungan.
“Aduhh Briann!! Jangan bikin Ibu jadi tambah penasaran dong...begina begini apaan sih???!!” Bu Carissa mendelik sambil tangannya mencubit keras lengan Bre.
“Aduhh ampun Bu...ini deh Ibu lihat sendiri fotonya, biar fotonya yang ngomong!!!” teriak Bre kesakitan sambil tangannya menyorongkan HP ke arah Bu Carissa.
Dilayar HP Bre tengah terpampang foto tiga orang yang sedang makan bersama. Suami, istri dan anaknya.
“Yang ini Si Buncit Burhan kan Bu, Burhan Djatmiko tepatnya dan yang ini anaknya, namanya Keysha Luna Djatmiko. Kalau wanita yang Ibu-ibu ini ya pastilah Ibunya Keysha, Bu. Kebetulan saya cukup kenal dengan Keysha!!” ucap Bre sambil menunjukkan jari ke arah foto yang sedang dibicarakan.
Bu Carissa mendadak seperti terlihat gemetar. Tubuhnya menggigil keras. Matanya tajam memandang layar HP yang disodorkan Bre. Nafas Bu Carissa terdengar memburu dan menderu. Sejenak kemudian Bre dibuat kaget setengah mati, tiba-tiba tubuh Bu Carissa ambruk ke samping. Untungnya tempat duduk warung bermodel lesehan sehingga tidak menimbulkan benturan terlalu keras saat Bu Carissa limbung. Pingsan nampaknya.
Bre panik, ia panik pada keadaan Bu dosen cantik yang sekarang tengah tersungkur lemah tanpa daya. Lebih panik lagi Bre mengingat bahwa isi dompetnya tak cukup untuk membayar pesanan makanan dan minuman. Namun keberuntungan sedang berpihak pada Bre, dibalik lipatan kecil dompetnya ia temukan satu lipatan uang kertas warna biru.
Bre tiba di IRD rumah sakit dengan bantuan mobil salah satu pengunjung warung lesehan yang iba memandang Bu Carissa yang pingsan. Bu Carissa masih pingsan saat dibawa menuju ruangan IRD, satu tas wanita berwana maroon milik Bu Carissa ditenteng Bre. Langkah Bre terhenti sejenak, dengan perlahan ia masukkan tangannya ke dalam tas Bu Carissa, mencari-cari dan akhirnya menemukan. Sebuah HP milik Bu Carissa telah ada digenggaman Bre sekarang. Terlihat sejenak ia sibuk mengayunkan jemarinya di keypad HP Bu Carissa.
Sementara itu, nun jauh di sana...
Bunyi nada dering SMS received, Permisi Bapak/Mas/Saudara, pemilik HP ini sedang pingsan dan sekarang dirawat di IRD Rumah Sakit 'SehatMedika'. Saya adalah warga setempat yang menolong ybs. Saya menemukan no HP anda dari beberapa inbox SMS received di HP ybs. Segera datang, HP dan tas ybs saya titipkan security Rumah Sakit. Terimakasih tertulis SMS mengejutkan dengan nama pengirim Carissa.
Si penerima SMS begitu terperanjat, dengan gerakan cepat ia segera berbenah dan secepat kilat kemudian meluncur menuju rumah sakit yang dimaksud dalam SMS. 30 Menit berselang, Bu Carissa nampak mulai menggerak-gerakkan jemarinya. Tak lama kemudian dengan berat ia buka kelopak matanya. Kepalanya terasa begitu pusing, perutnya mual. Mata Bu Carissa langsung berputar ke segala penjuru ruangan IRD mencari seorang Brian Kusuma Wardhana. Namun Bu Carissa tak menemukan pria mudanya itu. Dari pintu muncul seorang pria, Bu Carissa melirik pada pria yang baru datang itu. Sejurus kemudian Bu Carissa tersenyum lemah.
“Dik Carissa tidak apa-apa? Tadi kan saya sudah bilang, kalau perlu ke dokter bisa sama saya...!!”
Sebuah suara penuh ketenangan terlontar dari bibir pria yang sekarang ada di samping ranjang Bu Carissa. Suara itu adalah milik Pak Pram.
“Maaf...hemmfh...”
Hanya kalimat itu yang terucap dari bibir Bu Carissa yang masih lemah. Namun kesadarannya masih mampu mengingat pada kejadian terakhir di warung. Dalam hati, Bu Carissa seperti sedang meng-iya-kan pernyataan dan saran Bre mengenai keberpihakan Bre kepada Pak Pram.
“Saya menerma SMS dari seseorang yang menolongmu Dik, ia menyatakan sebagai warga setempat, sepertinya ia sudah pulang sekarang...,” lanjut Pam Pram menjelaskan pada Bu Carissa sambil celingukan mencari seseorang yang sekiranya adalah misterious message sender yang tadi meng-SMS nya.
Bu Carissa tersenyum kembali. Sebuah senyuman yang ia tujukan pada Bre dan akal bulusnya. Seorang jenius macam Bu Carissa tentu tak sulit untuk mencerna ide pokok dari sutradara yang mendatangkan Pak Pram di tempat itu. Senyuman Bu Carissa juga sebuah senyuman kegembiraan. Dalam hatinya tiba-tiba merasa sangat tenang dan nyaman saat Pak Pram datang. Sebuah ketenangan yang pernah ia dapatkan ketika ada di dalam pelukan Brian Kusuma Wardhana.

***

Malam minggu yang cerah. Tak ada mendung yang menggelayut di langit. Bintang gemintang berkelip indah menyuarakan keriangan. Seiriang hati Bu Carissa hari itu, tepat tiga minggu setelah peristiwa kepingsanan Bu Carissa. Wanita ini adalah seorang jenius yang berwawasan luas. Ia cukup adaptif pada keadaan setelah beberapa waktu yang lalu melihat foto Si Buncit yang ternyata telah beristri dan beranak. Namun ia tak lantas main labrak mirip para pemain antagonis di tivi jika menemukan penyelewengan cinta. Ia berusaha bijak menyikapi semuanya itu. Selama tiga minggu ini ia berusaha menghindar dari sosok Burhan. Tatkala ia menerima SMS dari Burhan berkaitan dengan perubahan sikapnya, ia hanya tersenyum dan membalas SMS, Rawat anak istrimu, cintai mereka sepenuh hati...jika ternyata kau masih saja ngotot mempertanyakan ini, maka tepatlah sudah jika aku memilih untuk meninggalkanmu!. Sebuah SMS lugas, tegas, namun juga bernuansa cinta yang dalam dengan dibaluri unsur logika yang dahsyat.
Sebuah mobil warna putih seperti yang pernah dilihat Bre di kampus kala itu, kini terlihat sedang parkir di pelataran rumah Bu Carissa.
“Dik, kita jalan yuk. Aku paling suka ke taman, suasananya indah dan romantis hehe...,” ucap si pemilik mobil putih yang ternyata adalah Pak Pram.
“Kok romantis?? Emang situ siapanya aku??” sambut wanita cantik lawan bicara Pak Pram dengan melemparkan senyum manjanya. Sebuah senyuman yang selama ini belum pernah tampil mewarnai bibir milik Bu Carissa.
“Situ kan teman dosenku, yang spesial tentunya..hehehe..., ” jawab Pak Pram asal namun bermuatan politik cinta yang pekat dan kuat.
“Pesan jagung bakarnya dua mas, manis pedes ya? Oya mas, minta tolong nanti di antar ke kursi taman yang diujung sana ya. Makasih...”
Suara Pak Pram sedang memesan camilan kegemarannya sambil menunjuk ke arah kursi di ujung taman.
“Lihat tuh dik bunga melati, harum nian berseri..kan kupetik untukmu..simpan dalam hatiii...”
Pak Pram berkelakar dengan menirukan bait lagu grup band Naif. Bu Carissa mencubit pelan lengan pria yang ada di sampingnya dengan gemas akibat kekonyolan yang dilihatnya.
.....................................................
Lantun jiwa membahana,
suarakan dentang-denting lonceng hati,
yang tersaput mendung dan hujan,
namun tak lekang dimakan waktu untuk terus merindui,
setangkai indah bunga melati.

Karya pribadi tercetak dalam sukma,
membungkus indah maghligai cinta, teramu bersama seribu bunga dan ceria,
mendekam diam menanti masa.

T'lah kusiapkan BINGKISAN HATI,
terbungkus indah maghligai cinta,
Duhai Carissa yang kucinta,
sediakah engkau menerimaku menyatukan sayap cinta?
.................................................................
Pak Pram datang membawa setangkai melati nan putih suci. Lantunan puisi yang nampaknya telah ia persiapkan sejak lama kini mengalir lancar di bibirnya. Carissa yang melihatnya menjadi tertegun tiada mampu berkata. Mata Bu Carissa berkaca-kaca. Keharuan dan kegembiraan silih berganti menghujam hatinya dan membetot seluruh perhatiannya. 
“Bagaimana Dik Carissa yang cantik?” tanya Pak Pram memperjelas permintaan dalam puisi yang tadi diucapkannya.
Nampak ia sekarang sibuk menyelipkan melati ke atas telinga kanan Bu Carissa. Bu Carissa hanya tersenyum seakan mengiyakan semua permintaan Pak Pram. Hati Bu Carissa sepertinya sudah demikian merasa melambung dibuatnya. Kali ini ia merasakan cinta yang benar-benar cinta merasuk dalam jiwa.
“Bagaimana Dik???”
Pak Pram tak sabar menunggu jawaban Bu Carissa meski secara tersirat telah nyata bahwa wanita ayu yang duduk disampingnya telah menunjukkan signal-signal cinta.
“Permisi mas,mbak..ini jagung pesanannya!!”
Sebuah suara memecah suasana romantika diamor yang baru saja dibangun oleh Pak Pram. Nampak pak Pram bersungut sambil memberikan beberapa lembar uang ribuan kepada penjual jagung.
CUPPP...
“I Love you....!!!”
Sebuah kecupan tiba-tiba meluncur cepat ke pipi Pak Pram setelah mas penjual jagung berlalu. Pak Pram kaget dan dengan tersenyum menikmati kekagetannya itu. Begitu juga Bu Carissa, nampaknya ia tersenyum malu-malu setelah secara spontan ia mencium pipi Pak Pram. Mereka saling berpandangan lama. Mata dan mata bertemu, hati dan hati bersatu, tak ada lagi ruang bagi kehampaan jiwa.
“Aku akan menikahimu sayang...secepatnya!” ungkap Pak Pram dengan mantap.
“Aku ikut saja mas...pokoknya ikut saja,” ucap Bu Carissa menimpali.
Mata Bu Carissa yang genit mengerling manja pada kekasih barunya itu. Senyuman penuh kecintaan  menyemprot dengan deras dan menetes hingga di pelataran sukma.


Tag : Cinta, Fiksi, Novel
0 Komentar untuk "Juwita Hati: Bingkisan Hati"

Untuk diperhatikan!!!

1. Dalam berkomentar gunakan bahasa yang sopan
2. Dilarang menyisipkan link aktif
3. Komentar yang mengandung unsur kekerasan, porno, dan manyinggung SARA akan dihapus

Back To Top